Cari Blog Ini

Kamis, Juli 12, 2007

JBuilder VS Eclipse VS Netbeans

Ini cuma curhatan gw pribadi selama make tiga jenis editor itu semata kok. Tidak ada unsur lain yang terkandung di dalamnya.

JBuilder : ini editor yang paling jarang aku gunakan. Aku makenya cuma sekali doang, untuk ngerjain Proyek Akhir gw, JBuilder aku gunakan untuk j2me nya. Dengan spek kompi gw yang pas-pasan, akhirnya berjalan lemot selemot-lemotnya di kompi deh, yang ternyata mebuahkan hasil yaitu kesabaran.

Netbeans : salah satu editor yang banyak disukai orang, aku paling suka pake netbeans saat mau buat aplikasi java gui yang pake library swing dan awt. Kalo bikin aplikasi gui pake netbeans kita tinggal klik and drag aja deh, kayak di delphi gitu deh. Asyik banget, g perlu repot-repot ngatur properti layoutnya. Tapi ada juga yg aku g suka, yaitu kalo scriptnya diberi background warna biru, sama sekali ga bisa diedit, bener-bener menjengkelkan.

Eclipse : editor yang lebih banyak lagi disukai orang. Yang paling aku suka pake editor ini, kecuali untuk java gui yang pake swing dan awt. Yang bikin aku suka banget, kalo mau tracing itu enak banget (apa mungkin karena udah biasa?) tinggal di tekan control dan arahin deh mouse ke nama method yang dipanggil, lalu double klik deh, maka terbukalah window dari class method tersebut.

3 komentar:

gaLz mengatakan...

glh pernah gunain netbeans sm eclipse, perbedaany blm kliatan bgt sih gmn, soalny cm ngoprek sebentar, trs ga ngerti.. lngsung deh dtinggal,, heuheu.. :P

kl pake eclipse, maaak, lemot niko komputernya.. T_T

never seen before mengatakan...

hmmm, tapi saya rasa netbeans punya juga tuh fungsi kaya eclips deh,kalo ga salah inget :P.jbuilder,netbeans, ama eclips semuanya saya dah pernah nyoba. antara yang super komplit, -jbuilder- komplit, -netbeans- dan eclips -minimal-. kalo jbuilder super komplit tapi dengan konsikuensi lama amir alias beban kerja yang sangat tinggi. kalo netbeans ,wich is my favorit IDE for java development, termasuk yang berat tapi tidak seberat JBUILDER, tapi sekarang ini didukung dengan jdk terbaru,jdk 1.6, yang katanya termasuk yang paling cepat diantara jdk-jdk lainnya. performa netbeans jadi semakin cepat. n fasilitas-fasilitas nya pun ditambahin oleh neatbeans.org. seperti visual web pack n uml modelling, dll. trus eclips. tuh ringan banget. dari instalasi sampe penggunaannya tapi ada sedikit kekurangan. eclips susah digunakan n untuk menangani proyek-proyek besar dia tidak mendukung sepenuhnya alias kompilenya harus satu-satu ga langsung compile n deploy nya neatbeans ato jbuilder

vanma mengatakan...

Kayanya soal eclipse sama netbeans itu tergantung masing-masing deh, tergantung sianya terbiasa dengan IDE apa.
Kalo aku pribadi seh lebih suka pake eclipse umumnya, tapi buat java gui tentu netbeans dong.
Tapi soal uml, netbeans sama eclipse (ga tau kalo jbuilder) sama bisa kok, dan sama-sama harus ditambah plugin nya, aku sendiri pake vpuml-paradigm di eclipse, tapi belum pernah coba install di netbeans, cukup mudah kok install di eclipse nya :)

Translate

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *