Cari Blog Ini

Rabu, Oktober 20, 2010

Andai semua Pelayanan Kesehatan Seperti Ini

Lebaran kemaren aq ke klinik neh ceritanya, katakanlah sebuah klinik yg tidak terlalu besar di kota palembang. Waktu itu kan ceritanya lagi mudik :)

Nah, di wajahku terjadi sesuatu yg katakanlah tidak diinginkan :) Tepatnya apa, rahasia antara aku, keluarga, dokter, dan suster :P hehehehe

Nah, aku diberi rekomendasi dokter kulit ini oleh mertua. Dan kata mertuaku datang ke klinik xxxx aja, beliau juga praktek disitu. Nah, malam-malam setelah anakku tidur pulas, buru-burulah kita kesana. tancap gas yah :D

Pas masuk ke kliniknya aq kan konfirmasi dulu neh soalnya udah daftar siangnya. Tapi yg anehnya pas udah konfirmasi, aku langsung disuruh ke ruang tunggu, gk ada disuruh bikin kartu ato isi data ato apalah yang menunjukkan pasien baru. Okelah, jangan protes dulu, kita ikuti saja dulu alurnya.

Nah, antri dulu beberapa orang baru deh dipanggil sama susternya. tok tok tok, kita pun masuklah (baca: aq & misua) . Pas udah duduk, ternyata dokternya udah senior banget, dan ternyata udah profesor loh, agak ketar ketir juga neh sama tarif konsultasi & obat2 nya. Bismillah.

Nah, setelah selesai konsultasi, tapi ini masih didalam kamar praktek neh, dokter menulis catatan di sebuk buku kecil, keciiiiiiiiilllllllll banget, jauh lebih kecil deh dari buku saku. setelah itu beliau juga menulis resep2 di lembar kertas resep (kalo ini seh udah biasa kali yah). Tapi aku kalupaan meratiin susternya. apakah ada catat2 lagi, tapi setau aku yg nyatat rekam medis itu kan dokter, tul gk???

setelah selesai mencatat, dokter memberikan kertas resep & buku super mini itu yang ternyata adalah catatan medis kita kepada aq. Bener-bener surprise deh, dan aku jadi bengong, ini beneran dibawa pulang???????? untung hubby ingetin buat balik lagi ke bumi :D hehehehe

Nah, pas konsulnya udah kelar, kita sekarang menuju ke apotik, pas di apotik terjadih lagi lah kejadian yang kurang lazim. Buktinya neh, pas aku berikan lembar resep ke kasir apotik, eh si abang kasir itu malah nanya begini : "resepnya mau ditebus disini bu?" . Lha???????? apa maksudnya ini???? Secara refleks aku jadi nanya begini neh : "Emang bisa ya resepnya nggak ditebus disini?". Si abang kasir : "Bisa bu. Nanti kan dibuatkan copy resepnya". Bengong lagi. Si abang kasir jadi bingung liat aq bengong gitu. Trus aku nanya : "Kalo ditebus biayanya berapa?". Si abang kasih : "bentar ya bu." Aq dengan santainya : "Okeh."

Setelah utak atik keyboard dan liatin layar monitor trus si abang kasir bilang :"totalnya Rp 28x.xxx bu." Aq memastikan pendengaranku : "itu udah semuanya ? udah sama konsul dokter ?" Si abang kasir : "Udah bu. Gimana bu? mau ditebus resepnya?". Sembari bengong aku bilang : "He eh". Dan aku pun menunggu lah resep diracik. Aku masih berasa gk percaya sama harganya, konsul seorang profesor dan harga resep2 nya segitu? murah banget. catetnya resepnya itu terdiri dari krem pagi, krem malam, dan obat minum 15 butir. Wow. Seandainya saja dokternya praktek di jakarta, bakalan asyik banget.

Nah, pas racikannya udah kelar, aku dikasi copy resep lagi, daaaannnnnnnn, copy resepnya cukup detail loh. hehehehe, keknya bisa bikin kremnya lagi di apotik laen deh. senengnya.

Kalo semua rumah sakit ato klinik ato tempat pelayanan kesehatan seperti itu, memberikan buku saku catatan medis, copy resep cukup detail, dan tidak diharuskan untuk menebus di rumkit/klinik itu. Waaaaaaaa menyenangkan sekali. pasien pun tidak dipersulit dengan cara seperti itu.

pasien bisa secara fleksibel dateng ke tempat pelayanan kesehatan mana saja dengan menunjukkan buku tersebut. dan pasien juga bebas menebus obat dimana saja, bahkan bisa di kota yang berbeda. Pasien juga tidak perlu sulit2 untuk menerangkan sejarah medisnya jika pergi ke klinik baru :) Dan yang terpenting harganya cukup merakyat, tidak membubung tinggi ke langit :) senangnya hatiku :)

Tidak ada komentar:

Translate

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *